Alamat

Jl. Zahlul Street Kebesaran, Saok Laweh, Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat 27316

ANBK -2023

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email
Share on twitter

ANBK merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbud ristek). Para pelajar maupun tenaga pendidik mesti mengetahui dengan baik pelaksanaan ANBK agar prosesnya berjalan dengan lancar.

Untuk itu, perlu diketahui mengenai informasi mendasar terkait ANBK. Berikut ini informasi terkait ANBK seperti dihimpun dari laman resmi Kemendikbud RI.

Tiga Instrumen ANBK
Adapun instrumen dari ANBK terdiri atas tiga yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Berikut penjelasan dari masing-masing instrumen:

Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Literasi dan numerasi itu menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan.
Kemampuan literasi dan numerasi ini bukan berarti mengalihkan fokus dari mata pelajaran. Kemampuan ini justru akan membantu murid untuk mempelajari bidang ilmu lain terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis atau kuantitatif.
Survei karakter yang dirancang untuk mengukur pencapaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila. Profil Pancasila itu terdiri dari Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.
Instrumen ketiga ANBK dilakukan dengan cara survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.
Apakah ANBK Berpengaruh pada Nilai Kelulusan?
Perlu digarisbawahi bahwa ANBK tidak ada konsekuensinya untuk sekolah dan murid. Pasalnya, program ini pada dasarnya adalah pemetaan agar pemerintah bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari masing-masing satuan pendidikan sebagai bahan evaluasi.

Singkatnya, Asesmen Nasional dilakukan sebagai pemetaan dasar (baseline) dari kualitas pendidikan di lapangan. Melalui ANBK yang dirancang lebih berfokus, diharapkan adanya perbaikan kualitas dan layanan pendidikan yang semakin efektif.

Baca juga:
Jadwal ANBK 2023/2024 Lengkap untuk Jenjang SD, SMP hingga SMA
Bentuk Ujian ANBK
Ujian ANBK dilaksanakan dengan cara mengerjakan sejumlah soal yang terdiri dari soal objektif dan non objektif. Soal objektif yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat. Sementara soal non objektif berisi uraian.

Pada masing-masing instrumen ANBK, terdapat beberapa komponen yang berbeda. Untuk instrumen AKM sendiri terbagi menjadi tiga aspek yaitu konten, level kognitif, dan konteks.

Pada Survei karakter, hasil belajar yang diukur yaitu sikap, kebiasaan, nilai-nilai atau values dalam enam aspek Profil pelajar Pancasila. Di antaranya beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bernalar kritis, kemandirian, kreativitas, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Sementara itu, di Survei Lingkungan yang diukur adalah iklim keamanan, inklusivitas, kebhinekaan, kesetaraan gender, kualitas pembelajaran, refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru, kepemimpinan instruksional, serta dukungan orang tua dan murid terhadap program Satuan Pendidikan.

Nah, detikers itulah tadi penjelasan terkait Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Semoga membantu yah.

Baca artikel detiksulsel, “Apa itu ANBK? Ini Pengertian, Tujuan, Jenis hingga Bentuk Ujiannya” selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6997958/apa-itu-anbk-ini-pengertian-tujuan-jenis-hingga-bentuk-ujiannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420
Exif_JPEG_420

More To Explore

Berita

ANBK -2023

ANBK merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbud ristek). Para pelajar maupun tenaga pendidik mesti

Artikel

JURUS JITU DALAM MENGAJAR  

5 jurus jitu agar siswa tidak jenuh/bosan belajar di kelas : Pemilihan metode yang tepat, guru sebagai pendidik diwajibkan memilih metode yang tepat. Di usahakan

Berita

Supervisi Kepala Sekolah

supervisi kepala sekolah merupakan upaya seorang kepala sekolah dalam pembinaan guru agar guru dapat meningkatkan kualitas mengajarnya dengan melalui langkah-langkah perencanaan, penampilan mengajar yang nyata serta mengadakan perubahan